Minggu, 11 Desember 2011

7 macam obat herbal penghilang rasa sakit


Manfaat Kesehatan - Sering kali kita merasa sakit, seperti sakit kepala, anda akan berusaha mencari obat-obatan untuk menghilangkan rasa sakit yang menggangu. Namun apa kalian tahu jika mengkonsumsi obat-obatan terlalu banyak, banyak efek samping yang akan didapat, bukan kantuk saja efek sampingnya.

Penggunaan obat-obatan dalam jangka panjang dapat membawa efek buruk pada tubuh, antara lain menyebabkan luka di lambung, stroke, serangan jantung, kerusakan ginjal, pendarahan di perut dan komplikasi lain. Masih ada cari dalam menghilangkan rasa sakit dengan obat herbal.
Percayalah pada tanaman herbal karena efek samping yang akan didapat sangat minim sekali karena obat herbal berasal dari alam.

Inilah 7 macam tanaman herbal penghilang rasa sakit :


1. Kunyit
Kunyit dikenal sebagai 'bumbu kehidupan'. Kunyit mengandung senyawa yang disebut kurkumin, yang dapat memblok protein penyebab peradangan dan juga meningkatkan kemampuan tubuh untuk menghilangkan peradangan.

Kunyit ditemukan berguna untuk mengatasi rasa sakit kronis yang berhubungan dengan rheumatoid arthritis. Seiring dengan sifat anti-inflamasi, kunyit juga membantu untuk pengobati penyakit jantung dan diabetes.

2. Asam lemak esensial Omega 3
Asam lemak esensial omega 3 sangat baik untuk dijadikan penghilang rasa sakit alami. Asam lemak esensial omega 3 akan dipecah oleh tubuh menjadi senyawa anti-inflamasi (anti peradangan). Oleh karena itu, banyak orang yang menderita sakit kronis dianjurkan memperbanyak konsumsi asam lemak esensial omega 3, yang banyak terkandung pada ikan seperti salmon dan mackerel.

3. Jahe
Peneliti dari Amerika Serikat menemukan bahwa konsumsi jahe setiap hari bisa membantu mengurangi nyeri otot akibat olahraga.

4. Minyak zaitun
Sangat sedikit orang yang menyadari fakta bahwa minyak zaitun bertindak seperti obat anti-inflamasi dan non-steroid. Namun Anda harus menggunakan minyak zaitun extra virgin. Minyak zaitun tidak hanya bisa membebaskan Anda dari sakit kepala, tetapi juga memiliki efek jangka panjang seperti ibuprofen.

Penghilang rasa sakit dengan penggunaan luar

1. Garam Epsom
Garam ini telah digunakan sejak zaman kuno sebagai garam mandi. Garam ini akan diserap ke dalam kulit. Anda harus menaruh beberapa garam Epsom dalam air hangat dan biarkan air ini bekerja di area tubuh yang sakit. Garam Epsom terutama berguna dalam mengurangi rasa sakit disebabkan karena fibromyalgia (kondisi kronis yang ditandai dengan gejala sakit yang menyebar ke seluruh tubuh) dan osteoporosis.

2. Minyak lavender
Minyak lavender diketahui memiliki sifat analgesik dan anti-inflamasi, serta sifat menenangkan. Minyak ini sangat umum digunakan sebagai aromaterapi. Anda dapat menggunakan minyak lavender untuk meringankan otot, tulang dan nyeri sendi.

3. Capsaicin pada cabai
Sensasi panas di cabai disebabkan oleh senyawa yang disebut capsaicin. Ini sering digunakan dalam pengobatan topikal untuk nyeri muskuloskeletal (tulang dan otot) dan nyeri neuropatik (saraf). Capsaicin menyebabkan sensasi terbakar, tapi rasa sakit dan sensasi terbakar hilang setelah beberapa waktu.

0 comments:

Poskan Komentar

 
Copyright © 2011-2013. Manfaatkesehatan.com
Thanks To Health
Sponsored By : Hanna Directory
web counter